Kumpulan Resep Masakan, Masakan Indonesia, Masakan Sehat, resep masakan sehari-hari, Resep masakan Rumahan

Resep Membuat Torakur Manisan Tomat Rasa Kurma Enak

Resep Membuat Torakur Manisan Tomat Rasa Kurma Enak

Resep Membuat Torakur Manisan Tomat - Mungkin sebagian dari anda masih asing dengan makanan bernama Torakur. Torakur adalah singkatan dari Tomat Rasa Kurma, manisan yang terbuat dari tomat yang rasanya hampir menyerupai Kurma, bukan hanya itu bentuknya juga mirip Kurma. Mendengar Kurma pasti tidak asing di telinga anda, kurma sangat mudah di jumpai menjelan lebaran tiba.


Jika ingin berlebaran menggunakan Kurma, anda bisa menghemat biaya dengan cara membuat Torakur sendiri lho, karena pembuatanya yang begitu mudah, hanya dengan berbahan dasar Tomat, manisan ini sudah bisa anda buat dirumah. Langsung saja kita simak Resep membuat Torakur Manisan Tomat dibawah ini,

Bahan : 
1. 1000 gr tomat merah
2. 200 gr gula pasir
3. 1 sdt kapur sirih, larutkan dalam air

Cara pembuatan

  1. Pertama Cuci bersih tomat yang sudah anda siapkan, kemudian rendam tomat selama kurang lebih 2 jam kedalam kapur sirih yang sudah dilarutkan ke dalam air.
  2. Setelah itu letakkan tomat di telapak tangan anda, tekan dengan ke dua tangan sampai biji tomat keluar, sesudah itu cuci tomat dengan air sampai bersih.
  3. Berikutnya Taruh dan susunlah tomat ke dalam sebuah panci, setelah itu taburkan jiga gula pasir ke atasnya. Lalu tutup dan diamkan sampai semalaman hingga keluar air.
  4. Bila Sudah masak tomat kembali dengan api kecil, tunggu hingga air menjadi habis dan mengering tapi hati-hati jangan sampai gosong, selanjutnya angkat dan tunggu hingga dingin.
  5. Kemudian ambil tomat satu per satu dan bentuk seperti berbebtuk kurma, dan letakan diatas loyang dan rapikan.
  6. Jika sudah anda susun diatas loyang, Jemur tomat dengan terik matahari selama 3 s/d 4 hari sampai kering dan bentuknya terlihat seperti kurma. (Resep ini untuk penyajian 200gr Torakur)
Tips : 
-Pilih tomat merah yang belum terlalu matang (masih agak keras) dengan ukuran sedang dan sama besar.
-Ketika menjemur di bawah terik matahari, jangan lupa ditutup dengan daun pisang atau nyiru, untuk menghindari debu dan binatang yang tidak diinginkan.

Itulah cara membuat Torakur Manisan Tomat yang bisa anda coba sendiri dirumah. Baca artikel resep dengan bahan dasar Tomat yang akan hadir di blog Resep mak Ijah. Semoga Bermanfaat. 

2 comments:

Copyright © 2013 Resep Mak Ijah | Partner Pathmo Media And Oto News