Kumpulan Resep Masakan, Masakan Indonesia, Masakan Sehat, resep masakan sehari-hari, Resep masakan Rumahan

Resep Membuat Bubur Kacang Hijau Spesial

Resep Membuat Bubur Kacang Hijau Spesial

Resep Bubur kacang Hijau - Kacang Hijau adalah tanaman palawija yang sangat terkenal sekali di kawasan tropika, kacang hijau banyak memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satu manfaat dari kacang hijau biasanya dijadikan sebagai sumber bahan makanan utama karena kacang hijau mengandung protein nabati yang bisa dibilang sangat tinggi, di Indonesia sendiri kacang hijau saat ini berada di urutan ketiga terpenting setelah kedelai dan kacang tanah sebagai tanaman pangan legum.


Makanan yang berbahan dasar kacang hijau paling terkenal adalah bubur kacang hijau. Dimana bubur kacang hijau memliki banyak sekali manfaat dan cita rasa yang khas, sehingga bubur kacang hijau sangat cocok untuk anak dalam masah pertumbuhan. Pembuatan bubur kacang hijau bisa di bilang cukup mudah ada yang suka dengan Resep membuat Kolak Pisang, atau Kacang Hijau. Bagi anda yang ingin membuat bubur kacang hijau anda bisa simak resep dibawah ini.

Bahan Bubur Kacang Hijau
  • 600 ml santan kental
  • 400 gram kacang hijau
  • 600 gram gula jawa/gula merah
  • 3 lembar daun pandan
  • 1,5 sendok teh garam
  • 3,5 liter air bersih

Cara membuat Bubur Kacang Hijau
  1. Pertama Cuci kacang hijau dengan air yang bersih, lalu buang semua sampah yanga ada di kacang termasuk kacang hijau yang mengapung karena kacang hijau yang mengapung berarti tandanya rusak.
  2. Serlanjutnya Rebus kacang hijau dengan 2.5 lt air, biarkan hingga kacang hijau terlihat mengembang, empuk dan matang.
  3. Lalu Rebus gula merah dengan 500 ml air sampai gula larut dan mencair, lalu saring dan kemudian tuang rebusan gula merah tersebut ke dalam kacang hijau yang sudah anda rebus tadi
  4. Setelah itu masukkan garam dan daun pandan kemudian biarkan hingga kacang hijau mendidih.
  5. Jika sudah mendidih tuangkan santan kedalamnya, lalu diaduk aduk secara perlahan agar santan tidak pecah.
  6. Jika sudah Angkat dan bubur kacang hijau siap untuk di sajikan.
Bagaimana?. Mudah bukan, Untuk menghasilkan rasa yang lebih Vafiatif anda bisa menambahkan beberapa buah seperti nangka atau pisang yang sudah matang, atau anda bisa juga mencampuri bubur kacang hijau dengan biji mutiara, tergantung bagaimana anda mengkombinasikan cara membuat bubur kacang hijau diatas sesuai selera yang anda inginkan.

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Resep Mak Ijah | Partner Pathmo Media And Oto News