Kumpulan Resep Masakan, Masakan Indonesia, Masakan Sehat, resep masakan sehari-hari, Resep masakan Rumahan

Resep membuat Kue Iwel-Iwel Khas Jawa

Resep membuat Kue Iwel-Iwel Khas Jawa

Resep membuat Kue Iwel-Iwel Khas Jawa - Jarang sekali mak Ijah membahas tentang Resep masakan Tradisional. Oleh karena itu saat ini mak ijah akan membagikan resep masakan tradisional khas Indonesia yaitu kue Iwel-Iwel.  Jarang sekali ada yang berjualan Kue ini, karena sudah mulai langkah, mungkin jika anda mencarinya di kampung-kampung kecil masih ada yang berjualan kue ini. Tapi anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Biasanya kue Iwel Iwel sering disuguhkan pada acara hajatan seperti 7 bulanan.


Kue Tradisional yang satu ini memiliki cita rasa yang manis, ketika digigit tekstur kuenya juga terasa kenyal. Itulah yang menjadikan kue ini sangat khas nan tradisional. Menurut saya kue ini hampir mirip dengan kue mendut hanya saja berbeda bentuk. Jika anda penasaran ingin membuat resep membuat kue iwel iwel silahkan baca resep selengkapnmya disini.

Bahan :
  • 500 gram tepung ketan putih(untuk masyarakat jaman dulu menggunakan beras ketan kemudian direndam dan diselep menjadi tepung, namun jika tidak ingin repot gunakan tepung ketan siap saji saja)
  • 1/2 Butir kelapa agak muda kemudian diparut
  • 150 gram gula merah, sisir
  • Garam secukupnya
  • Daun pisang dan potongan lidi untuk membungkus
Cara membuat Iwel-iwel

  1. Langkah pertama adalah campurkan semua bahan yang ada diatas kecuali daun pisang dan lidi saja, kemudian aduklah adonan hingga merata
  2. Setelah itu, Ambilah 2 sendok makan adonan, kemudian letakan pada potongan daun pisang dan isilah gula merah sisir di bagian tengahnya. setelah itu Tutup bungkusnya dan semat dengan lidi supaya rapat
  3. Jika sudah membukngkus kuenya dengan daun pisang, selanjutnya kukuslah dengan api sedang hinga iwel iwel matang.
  4. Selesai
bagaimana, sangat mudah bukan membuat kue iwel iwel ?. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang ingin belajar membuat masakan tradisional.

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Resep Mak Ijah | Partner Pathmo Media And Oto News