Kumpulan Resep Masakan, Masakan Indonesia, Masakan Sehat, resep masakan sehari-hari, Resep masakan Rumahan

Resep Cara Membuat Kimchi Rasa Khas Korea

Resep Cara Membuat Kimchi Rasa Khas Korea

Resep Cara Membuat Kimchi Rasa Khas Korea - Korea selatan adalah negri yang terkenal dengan Induustri musik yang sangat sukses. Boyband adalah grub vokal yang paling terkenal disana. Namun Mak Ijah akan membagikan resep cara membuat makanan khas dari Korea yaitu Kimchi. Walupun makanan ini terdengar tidak asing bagi anda, mungkin anda berminat untuk membuatnya sendiri di rumah dengan bahan dan bumbu yang bisa ditemui di Indonesia. Langsung saja kita simak cara membuat Kimchi dengan mudah


Bahan membuat Kimchi
  • 3 buah sawi putih
  • 3 buah wortel, potong korek api
  • 1 buah lobak, kupas dan potong korek api
  • 7 batang daun bawang, potong korek api
  • 250 gram garam untuk menggarami sawi
Bahan Pasta Kimchi
  • 65 gram tepung beras
  • 750 ml air
  • 300 gram cabai bubuk Korea
  • 250 ml saus / kecap ikan
  • 125 gram gula pasir
  • 1 butir bawang bombay ukuran besar, cincang halus
  • 70 gram bawang putih, haluskan
  • 1 sendok makan jahe cincang halus
Cara Membuat Kimchi
  1. Langkah pertama cucilah sawi terlebih dahulu pada seluruh bagian dan daunnya hingga semuanya bersih, selanjutnya ambil 1 genggam garam dapur, buka lembaran daun sawi secara satu persatu dan taburkan garam diantara sela-sela sawi sampai merata semua. Lalu pastikan semua lembaran sawi terkena taburan garam dan berikan porsi garam yang lebih banyak pada pangkal batang sawi yang keras, untuk menutupi rasa pahit. Pada bagian pangkal memiliki rasa yang agak sedikit pahit
  2. Selanjutnya Siapkan 1 buah baskom besar yang tidak beraksi dengan garam, lalu tata sawi yang sudah di beri garam terlebih dahulu ke dalam baskom plastik tersebut, lalu biarkan selama kurang lebih 2 jam.
  3. Sesudah dibiarkan selama 2 jam, sawi akan terlihat menyusut bobotnya, dan baskom akan terbentuk seperti genangan air yang banyak.
  4. Setelah 2 jam. cuci hingga bersih masing-masing sawi di bawah air yang mengalir sampai garam benar-benar menghilang, dan bilaslah berulang kali hingga 3 kali agar sawi bersih dari garam
  5. Sesudah kimchi dicuci hingga bersih dengan air mengalir, diamkan sebentar lalu saatnya untuk membuat pasta kimchi.
Cara membuat Pasta Kimchi
  1. Langkah pertama untuk membuat Pasta Kimchi, Siapkan panci, lalu masukkan tepung beras dan air, lalu aduk-aduk sampai tepung beras larut dan adonan menjadi mengental. Ketika timbul letupan pertama, secepatnya matikan kompor, kemudian tambahkan gula pasir dan aduk hingga gula larut. Biarkan bubur tepung dingin telebih dahulu.
  2. Setelah itu siapkan baskom besar, masukan bubur tepung beras ke dalam baskom, lalu tambahkan cabai bubuk, selanjutnya aduk rata dengan menggunakan spatula. KemudianTambahkan kecap ikan, jahe, bawang bombay, bawang putih, lalu aduk sampai semuanya rata.
  3. Masukkan daun bawang, lobak dan wortel, lalu aduk hingga merata.
  4. Gunakan sarung tangan plastik yang bersih supaya terhindar dari iritasi saat membumbui sawi dengan pasta pedas tersebut. Ambil 1 buah sawi, pegang menggunakan tangan kiri, lalu letakkan di atas mangkuk yang sudah berisi pasta tadi, dengan tangan kanan buka lembaran-lembaran sawi kemdian olesi pasta pada setiap bagian lembarannya. Pastikan semua helai daun Sawi merata dan terkena pasta semua
  5. Sesudah itu masukkan sawi yang sudah dibumbui ke dalam toples besar. Jangan mengisi toples terlalu penuh, karena kimchi akan mengeluarkan air yang sangat banyak. lalu Tutup toples dengan rapat dan biamkan selama 2 hari agar terjadi proses fermentasi pada Kimchi. 
  6. Setelah Fermentasi selesai. Kimchi siap untuk dihidangkan dengan resep kimchi diatas ? Cukup mudah untuk dicoba dan dipraktekkan sendiri di rumah bukan, sekarang tunggu apa lagi silahkan dicoba dan rasakan rasa kimchi yang menggugah selera. Terima kasih atas perhatiannya dan selamat mencoba.
Bagaimana dengan resep kimchi diatas ? Cukup mudah untuk anda icoba dan dipraktekkan sendiri di rumah kan?. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Copyright © 2013 Resep Mak Ijah | Partner Pathmo Media And Oto News